Viral! 20 ABK asal Indonesia Ditelantarkan dan hanya Makan Mie Instan

Medcom Nasional ABK WNI Timor Leste BP2MI
MetroTV • 02 September 2021 18:54
Sebuah video berdurasi 2 menit lebih menampilkan 20 ABK Tanker MT Ocean Star asal Indonesia ditelantarkan dan hanya makan mi instan viral beredar di media sosial. Dalam video itu kru kapal mengaku sedang berada di Perairan Timor Leste. Mereka ditelantarkan dan menahan lapar sehingga hanya makan mi instan kering saja dan mengaku sudah 4 bulan tidak menerima gaji.

20 anak buah kapal itu dipulangkan dari Timor Leste. Mereka dipulangkan oleh pihak KBRI Dili melalui Pos Lintas Batas Negara atau PBLN Motaain Kabupaten Belu, NTT sejak 25 Agustus. Mereka menjalani karantina di Kota Atambua dan baru dijemput pada 1 September oleh Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia atau BP2MI. 

Selanjutnya 20 ABK itu dibawa ke Kota Kupang dan tiba pada Selasa (31/8) malam. Kepala UPT BP2MI Siwa mengatakan 20 abk itu ditampung sementara di Pusat Layanan Usaha Terpadu milik Dinas Koperasi Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTT.

Nantinya ke 20 orang tersebut akan dipulangkan ke kampung halaman masing-masing di Sulawesi Selatan, Kepualauan Riau, DNA Jawa Timur. Berdasarkan data dari perwakilan RI di Dili, 20 orang tersebut adalah PMI terkendala yang bekerja sebagai ABK di Kapal Tanker MT Ocean Star. Gajinya tidak dibayar oleh PT Niaga Shipping Internasional asal Indonesia dan Nezia Edirma lda asal Timor Leste.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif