Gelombang Unjuk Rasa Protes Rasisme di AS

Primetime News Kematian George Floyd
MetroTV • 04 Juni 2020 21:46
Aksi demonstrasi atas kematian George Floyd telah meluas hingga ke ratusan kota di AS dalam seminggu terakhir. Sejumlah demonstrasi diwarnai dengan aksi penjarahan.

Rangkaian kejadian ini mengakibatkan setidaknya 12 orang tewas dan 4,4 ribu orang ditangkap. Toko-toko juga dijarah dan dibakar sehingga pembukaan kembali aktivitas ekonomi setelah COVID-19 tertunda.

Masyarakat dunia juga menunjukkan solidaritas melalui gerakan “Blackout Tuesday” di media sosial. Mereka mengunggah foto hitam polos ke akun masing-masing. Sejumlah merek ternama ikut melakukan penghormatan terhadap kematian Floyd. Spotify menghilangkan suara pada layanannya selama 8 menit 46 detik, durasi leher Floyd ditekan lutut polisi.

Selain memprotes kematian Floyd di tangan polisi, demonstrasi ini menyuarakan diskriminasi rasial yang masih terjadi di AS. Warga kulit hitam berpotensi mengalami kekerasan polisi tiga kali lebih besar dari warga kulit putih. Sebanyak 24 persen korban meninggal akibat kekerasan polisi pada 2019 pun merupakan warga kulit hitam.
(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif