Kesiapan Tempat Ibadah Jelang Kenormalan Baru

Primetime News New Normal
MetroTV • 04 Juni 2020 21:47
Pemerintah tengah bersiap untuk membuat protokol 'new normal' di rumah-rumah ibadah. Kemungkinan Salat Jumat secara berjamaah akan dilaksanakan mulai 5 Juni 2020.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah lakukan kajian terkait salat Jumat dua gelombang atau lebih dari satu kali.

Salat jumat dua gelombang, menurutnya tidak dibenarkan dengan alasan apapun. Jika umat muslim yang tidak bisa mengikuti salat jumat maka diwajibkan untuk salat dzuhur.

Sebelumnya MUI telah menetapkan Fatwa Nomor 5 Tahun 2000 tentang Pelaksanaan Salat Jumat Dua Gelombang. Dalam fatwa tersebut menyatakan bahwa Salat Jumat dilakukan dua gelombang tidak sah.

Ketua MUI Bidang Kerukunan Umat Beragama KH Yusnar Yusuf membacakan taujihat atau amanat dari MUI tersebut. Kata dia, para ulama dari zaman ke zaman tidak memilih opsi Salat Jumat dua gelombang atau lebih di tempat yang sama. Pasalnya, Salat Jumat sudah membolehkan dilakukan lebih dari satu masjid di satu kawasan.

MUI berpandangan bahwa solusi untuk situasi saat ini ketika masjid tidak bisa menampung jamaah Salat Jumat karena adanya jarak fisik (physical distancing) adalah bukan dengan mendirikan Salat Jumat secara bergelombang di satu tempat.

Lalu bagaimana sikap Majelis Ulama Indonesia (MUI)? Apakah MUI mengeluarkan fatwa terkait new normal di rumah ibadah?
(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif