Tidak Ada Pembangunan Pangkalan Militer Tiongkok di Indonesia

Primetime News militer tiongkok
MetroTV • 04 September 2020 20:36
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menanggapi laporan Pentagon 'Military and Security Development Involving the People's Republic of China 2020'. Dalam laporan AS tersebut, disebutkan jika Indonesia sebagai salah satu negara yang dianggap Tiongkok sebagai lokasi bagi fasilitasi logistik militer mereka. Dengan tegas Retno mengatakan wilayah Indonesia tidak bisa dijadikan pangkalan militer oleh negara lain dan tidak ada pembangunan fasilitas militer Tiongkok di Indonesia. Hal ini bertentangan dengan prinsip politik luar negeri Indonesia. 

Laporan dari Pentagon menyebutkan, Tiongkok mungkin menganggap Myanmar, Thailand, Singapura, Indonesia, Pakistan, Sri Lanka dan negara-negara lain di Afrika dan Asia Tengah sebagai lokasi fasilitas logistik militer.
 
“Politik Luar Negeri RI yang bebas aktif tidak membuka ruang untuk adanya kerja sama militer semacam ini dengan negara mana pun,” tegas Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah, kepada Medcom.id, Kamis 3 September 2020.
 
“Tidak mungkin ada kerja sama semacam ini. Indonesia adalah negara yg aktif mendorong kawasan ASEAN yang damai, bebas dan netral (ZOPFAN) dan konsisten menolak pangkalan militer asing di kawasan Asia Tenggara,” jelasnya. Courtesy: Metro TV


(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif