Tak Hanya Percantik Rumah, Ini Manfaat Lain Pelihara Tanaman Hias

Medcom Lifestyle kesehatan tanaman kesehatan mental tanaman hias kesehatan tubuh
Medcom • 21 November 2021 16:30
Selain mempercantik rumah, memiliki tanaman hias juga bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Dikutip dari Healthline, berikut 5 manfaat memiliki tanaman hias:


Mengurangi tingkat stres

Studi dalam  Journal of Physiological Anthropology menemukan bahwa tanaman di rumah dapat membuat seseorang merasa lebih nyaman, tenang dan dekat dengan alam.


Meningkatkan dan mempertajam fokus

Studi eksperimen terhadap 23 peserta menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan tanaman sungguhan di kelas lebih mampu berkonsentrasi, dibandingkan siswa yang ditempatkan di ruang kelas dengan tanaman palsu, foto tanaman, atau tanpa tanaman sama sekali.


Memiliki manfaat terapeutik

Berkebun dalam ruangan dapat membantu orang yang mengalami gejala penyakit mental. Terapi holtikultura telah diterapkan untuk meningkatkan perasaan bahagia pada orang orang-orang dengan kecemasan, depresi, demensia, dan kondisi lainnya.


Meningkatkan produktivitas

Studi menemukan bahwa orang-orang yang memiliki lebih banyak tanaman di ruang kerja lebih produktif dan mengambil lebih sedikit cuti.


Mempercepat pemulihan dari sakit

Melihat tanaman dan bunga dapat mempercepat pemulihan seseorang dari penyakit, cedera, atau operasi. Sebuah tinjauan studi tahun 2002 menemukan bahwa orang yang dirawat karena beberapa operasi membutuhkan lebih sedikit obat penghilang rasa sakit dan masa rawat inap lebih pendek dengan melihat tanaman hijau selama masa pemulihan.

Sumber foto:
Freepik

Hai, Sobat Medcom.id! Kalau kamu punya video peristiwa menarik bisa mengirimkannya ke redaksi@medcom.id.


(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif