Cahaya Hati Ramadan: Pemilik Hari Pembalasan

Ramadan Ramadan 2020
MetroTV • 14 Mei 2020 22:56
Cahaya Hati Ramadan bersama M Quraish Shihab kali ini membahas mengenai Pemilik Hari Pembalasan. Allah satu-satunya Pemilik hari Pembalasan dan perhitungan atas segala perbuatan, yaitu hari kiamat. Kepemilikan-Nya pada hari itu bersifat mutlak dan tidak disekutui oleh suatu apa pun.

Membaca Surat al-Fatihah dalam shalat adalah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Sebab, ia adalah salah satu rukun dalam shalat. Di samping itu, membaca al-Fatihah harus tepat dan tidak boleh salah dari sisi kaidah tajwid dan qira’at.

Kata al-Maalik kepada kalimat yaumiddin (hari pembalasan), karena pada hari itu tidak ada seorang pun yang dapat mengaku-aku sesuatu dan tidak juga dapat berbicara kecuali dengan izin Allah. Tidak ada kuasa selain kuasa Allah SWT. Allah pemilik mutlak atas segalanya. Allah merupakan pemilik dan raja hari pembalasan. Manusia mengharap kiranya Allah SWT memberikan kita kekuatan untuk melaksanakan tuntunan-tuntunannya dan menyalurkan apa yang kita memiliki sesuai dengan tuntunannya dengan membantu fakir miskin, menolong orang yang membutuhkan dan selalu beraktifitas yang baik sesuai tuntunan Allah SWT.
Courtesy: Metro TV
(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif