Cahaya Hati Ramadan: Ar-Rahman dan Ar-Rahim

Ramadan ramadan
Medcom • 13 Mei 2020 19:03
Cahaya Hati Ramadan bersama M Quraish Shihab kali ini membahas mengenai Ar-Rahman dan Ar-Rahim.

Ar-Rahman dan Ar-Rahim, adalah dua nama yang menunjukkan bahwa Allah memiliki kasih sayang yang luas dan agung. Kedua nama ini meliputi segala sesuatu dan meliputi segala makhluk. Allah telah menetapkan kasih sayang yang sempurna bagi orang-orang bertakwa yang mengikuti para nabi dan rasul-Nya. Oleh karena itu, mereka mendapatkan kasih sayang sempurna yang bersambung dengan kebahagiaan yang abadi.

Melalui Asmaul Husna berupa Ar-Rahman, manusia didorong untuk mengasihi orang lain dengan cara, bagaimana agar mereka memperoleh kebahagiaan di akhirat. Terutama orang yang lalai dari mengingat Allah atau melakukan hal-hal yang dilarang Allah. Kebahagiaan ini tidaklah bisa didapat dengan cara bersikap atau memberikan teguran yang kasar. Karena cara-cara yang tak baik dalam memberikan teguran, justru bisa membuat mereka semakin enggan menerima kebaikan. Sehingga tujuan agar mereka memperoleh kebahagiaan di akhirat justru semakin sulit didapat.

Melalui Asmaul Husna berupa Ar-Rahim, manusia didorong untuk mengasihi orang lain dengan cara, memberi bantuan agar mereka memperoleh kebahagiaan di dunia. Yaitu dengan terpenuhinya kebutuhan hidup sehari-hari. Baik berupa memberi bantuan berupa materi, kewenangan, atau setidaknya mendoakan serta menunjukkan keprihatinan.
(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif