Diminati Kalangan Elite, Ini Asal Usul Kokain

Medcom Nasional narkoba
Medcom • 11 Februari 2020 18:43
Artis dalam film Air Terjun Pengantin Nanie Darham ditahan. Ia ditahan karena diduga terlibat pengedaran narkoba jenis kokain. Ia ditetapkan menjadi tersangka bersama 2 orang lainnya. Dari 1 diantaranya seorang pengacara bernama William Soerjonegoro.

Ia ditangkap di sebuah apartemen kawasan Setiabudi Jakarta Selatan i pada 4 Februari 2020. Nanie ditangkap setelah polisi mendapat keterangan dari 2 tersangka lain yang lebih dulu ditangkap.

Ke-2 tersangka ditangkap di lobi apartemen Mega Kuningan, Setiabudi Jaksel pada 2 Februari 2020. Polisi juga menemukan 8,12 gram kokain saat menggeledah kediaman JA. Sedangkan di kediaman WEG ditemukan 9 butir Happy Five (H5).

Ketiga pelaku dijerat Pasal 114, subside 112 UU Nomor 35 tentang Narkotika dengan ancaman 5 tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara.

Penyalahgunaan narkoba sendiri memang menjadi masalah besar untuk seluruh dunia. Kokain menjadi salah satu jenis narkoba yang paling banyak dikonsumsi.

Kokain sendiri adalah sebuah obat stimulan kuat yang sangat adiktif. Zat kokain dapat langsung memengaruhi fungsi otak penggunanya. Kokain juga merupakan stimulan kuat yang diekstraksi dari daun koka.

Daun ini memang banyak tumbuh di negara bagian Amerika Selatan. Daun koka sering digunakan untuk mengatasi penyakit ketinggian. Tak hanya itu daun koka juga meningkatkan energi di banyak suku asli Amerika Selatan.

Amerika Serikat juga menggunakan kokain untuk mengobati berbgai macam penyakit pada awal 1900-an. Karena khasiatnya, kokain menjadi senyawa yang sangat populer dan sering digunakan dalam obat - obatan.

Namun, khasiat kokain sering disalahgunakan. Beberapa orang menjual zat ini secara ilegal sebagai bubuk putih halus yang dimurnikan dan dicampur dengan zat lain. Bahkan beberapa orang mencampurnya dengan heroin. Akibatnya, kasus kecanduan, kejang bahkan kematian pun meningkat.

Pada tahun 1914, Harrison Narcotics Tax Act Amerika Serikat melarang penggunaan zat ini dalam produk yang dijual bebas. Kokain pun masuk ke dalam salah satu zat yang paling sering disalahgunakan selama 100 tahun. Banyak kalangan artis atau kalangan elite yang menggunakan narkoba jenis kokain.

Seseorang yang memiliki karakter yang kurang disiplin sangat mungkin beralih ke narkoba. Ditambah dengan kondisi finansial yang baik akan mendorongnya untuk gunakan jenis kokain. Seorang pengguna menyebut kokain adalah simbol kesuksesan dan tolak ukur kejantanan. Sumber Foto ( Freepik.com ), MI ( Fransisco Carollio ), Antara Foto ( Sigid Kurniawan )
(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif