Tips Mempersiapkan Pernikahan di Masa Pandemi

Medcom Lifestyle Pernikahan
Medcom • 17 Maret 2021 13:20
Momen pernikahan adalah sesuatu sangat sakral bagi hidup seseorang. Ini menandai awalnya perjalanan hidup dengan status yang baru sebagai pasangan suami istri.

Namun, menggelar pesta pernikahan pada masa pandemi Covid-19 menjadi sesuatu yang tidak pernah diinginkan oleh siapa pun. Kekhawatiran akan muncul karena terkekang Pembatasan Sosial Berskala Besar Indonesia (PSBB)

Saat ini masyarakat sudah diperbolehkan menggelar resepsi pernikahan pada sejumlah wilayah di Indonesia selama masa pandemi. Hal itu diperbolehkan dengan syarat harus mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Para calon pengantin yang menikah di masa pandemi, diharapkan bisa mematuhi peraturan itu. Ketika hendak melangsungkan acara resepsi pernikahan, acara anda dapat tetap berjalan meskipun lebih sederhana.

Anda tak perlu khawatir untuk menggelar pesta pernikahan pada masa pandemi selagi memperhatikan hal-hal yang krusial terkait protokol kesehatan. Jika hal itu dilakukan, pesta pernikahan idaman tetap bisa diselenggarakan.

Berikut ini beberapa tips dan cara yang bisa diterapkan untuk menggelar pesta pernikahan pada masa pandemi:
  1. Membuat Undangan Secara Digital
Anda cukup mengirimkan undangan melalui pesan instan berupa broadcasting messages, grup, dan sebagainya. Bahkan bisa diunggah ke sosial media, kemudian memberikan pengumuman di sana. Jangan lupa menyertakan keterangan yang memuat aturan protokol kesehatan di undangan digital.
  1. Batasi Tamu
Menikah pada masa pandemi ini membuat calon mempelai harus benar-benar membatasi jumlah tamu undangan. Hal ini dilakukan agar pernikahan tetap lancar digelar tanpa melanggar aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar Indonesia (PSBB) dari pemerintah setempat. Batasi jumlah tamu dengan cara hanya mengundang orang-orang dari keluarga dan kerabat dekat saja.
  1. Lokasi yang Tepat
Proses resepsi pernikahan bisa dilakukan di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Ada baiknya digelar di gedung atau luar ruangan seperti taman yang memungkinkan diselenggarakan jaga jarak. Anda juga bisa menggelar pesta pernikahan secara Drive Thru. Tujuannya adalah mengantisipasi penyebaran virus yang lebih mudah terjadi di ruangan tertutup dan minim pergerakan udara.
  1. Penyajian Makanan Diatur dengan Baik
Ketika Anda tidak mempunyai alternatif cara penyajian makanan, sebaiknya memilih sistem plated meals yang terkesan lebih elegan. Namun apabila tetap ingin memakai sistem prasmanan, pastikan bahwa setiap makanan terdapat petugas dilengkapi dengan masker, sarung tangan, serta face shield.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif