Ini Progres Penanganan Covid-19 di Indonesia

Gaya Video Kesehatan Kemenkes Covid-19 Pandemi covid-19 Fitness & Health
Sandra Odilifia • 15 Februari 2021 19:12
Jakarta: Beberapa perkembangan dalam penanganan covid-19 terjadi di Indonesia. Diambil dari Media Indonesia, beberapa perkembangannya antara lain:


1. Semua rumah sakit melayani covid-19


Melalui laman resmi Kemenkes, pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan RI mengizinkan seluruh rumah sakit membuka pelayanan pasien covid-19. Hal tersebut disampaikan Dirjen Pelayanan Kesehatan Prof. Kadir dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 pada Rabu, 27 Januari 2021.


2. Penambahan 30 - 40% ketersediaan tempat tidur


Sampai saat ini sudah tercatat 1.600 rumah sakit yang telah melaksanakan layanan covid-19. Kemenkes juga meminta rumah sakit untuk menambah ketersediaan tempat tidur antara 30 sampai 40 persen.


3. Sebanyak 30% tempat tidur dan 20% ruang isolasi


Untuk daerah yang berada di zona kuning maka dianjurkan oleh Menkes untuk semua rumah sakit melakukan konversi tempat tidur sebanyak 30 persen dan melakukan penambahan ruang isolasi sebanyak 20 persen. 


4. Perkuat 3T


Menteri Kesehatan menegaskan pihaknya akan melakukan 3T terhadap kasus covid-19 di masyarakat semaksimal mungkin. 3T adalah tracing, tracking, dan testing. 


5. Lebih dari 300 ribu SDM kesehatan divaksinasi


Lebih dari 308.901 sumber daya manusia kesehatan telah divaksinasi. Bahkan pada 11 Februari 2021, melalui laman resmi Kemenkes, tercatat vaksinasi bagi nakes sudah tembus satu juga orang. Hingga kini angka tersebut masih berjalan.


6. Melakukan pencanangan gerakan nasional donor plasma darah 


Diambil dari laman resmi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusiadan Kebudayaan, pasca dicanangkan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin beberapa waktu lalu, pemerintah terus mendorong implementasi gerakan nasional donor plasma konvalesen. 

Hal itu sebagai upaya untuk mempercepat laju angka kesembuhan pasien covid-19 dan menurunkan angka kematian.


(TIN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif