Tantangan MDB dalam Memasuki Pasar Batu Bara di Eropa

MetroTV • 22 September 2022 10:58
Indonesia sebagai produsen dan eksportir terbesar batu bara di dunia mulai dilirik oleh sejumlah negara di Eropa, usai Rusia memutus pasokan gasnya ke Eropa. Namun, ada sejumlah tantangan yang dihadapi Indonesia untuk memasok ke negara-negara di Eropa, salah satunya seperti biaya pengiriman, masalah perbedaan kualitas batu bara yang diproduksi di Indonesia, dan juga kebutuhan pasar di Eropa. Eropa yang tadinya begitu anti dengan batu bara, mau tidak mau melihat batu bara sebagai energi yang masih diperlukan untuk saat ini.

Tantangan untuk pengusaha-pengusaha batu bara saat ini adalah memasuki pasar Eropa dimana ada beberapa kriteria spesifik yang diinginkan. Kebutuhan pasar Eropa adalah jenis medium to high, sedangkan Indonesia memproduksi batu bara jenis medium to low. Disatu sisi melihat pasar ini sebagai sebuah kesempatan tapi juga masih mempertimbangkan kuota yang sudah disepakati sebelumnya.

Untuk saat ini MDB yang di dalamnya ada PT MIFA dan PT BEL Bersaudara akan mencoba fokus terlebih dahulu dengan kadar 3.400 GAR ((Gross CV; AR) sekarang ini sebelum mencoba untuk meningkatkan kualitas kadar GAR. Sebagai profesional dibidang batu bara tentunya efisiensi cost itu menjadi kunci untuk proses produksi batu bara dengan kadar yang lebih tinggi. Direktur Operasional Media Djaya Bersama Hans Manoe mengatakan MDB, MIFA, DAN BEL Bersaudara menjadi satunya-satunya perusahaan tambang batu bara yang beroperasi di Aceh. 

Sejak 2021 MDB tampil dengan format baru dan pengurus baru yang didalamnya ada kekuatan besar. Setelah sebelumnya sebagai pengusaha dan perusahaan profesional dihadapkan dengan tantangan Triple P Bottom Line yang ingin didahulukan antara (People-Planet-Profit), tetapi MDB mengedepannya people terlebih dahulu karena kepuasan menjadi tujuan utama dan keuntungan akan mengikuti dibelakangnya.

Strategi MDB dalam menghadapi "pemain" batu bara yang lain adalah dengan mengadakan pertemuan seperti Coaltrans Asia ini, karena konsumen, produsen, dan pemerintah bisa bertemu untuk saling bersinergi, berkolaborasi, dan berkoordinasi.
(ARV)

Video Advertorial Batu Bara

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif