Tips Aman Berinvestasi, Jangan Mudah Tergiur Keuntungan Tidak Wajar

Medcom Lifestyle investasi keuangan tips keuangan tips berinvestasi
Medcom • 15 Maret 2021 17:13
Satgas Waspada Investasi mengimbau kepada masyarakat agar selalu hati-hati jika ingin berinvestasi dan mengingatkan agar tidak tergiur dengan iming-iming keuntungan yang tinggi tanpa melihat risiko yang akan diterima terlebih dahulu. Soal investasi, ada banyak jenis investasi dengan modal terjangkau dan bisa dijadikan pilihan. Misalnya, investasi saham, reksa dana, obligasi ritel, hingga emas atau logam mulia.

Tentunya ketika anda berinvestasi, sebaiknya tak hanya siap menerima keuntungan saja, tapi juga harus paham dan siap dengan risiko investasi. Risiko investasi akan selalu ada di dalam setiap produk pilihan investasi. Namun jangan khawatir, risiko investasi bisa diminimalisir dengan cara menerapkan strategi investasi yang tepat. Berikut beberapa cara atau tips aman untuk berinvestasi :
  1. Jangan mudah tergiur dengan janji keuntungan yang tidak wajar.
- Sebagai contoh, tingkat keuntungan besar dan pasti tidak akan merugi (misal 5% keuntungan dari nilai investasi perbulan)
  1. Pastikan orang ataupun perusahaan yang menawarkan investasi telah memiliki izin saah satu lembaga berwenang seperti: Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI) dan Kementrian Koperasi dan UKM.
- Pada penawaran produk Pasar Modal (efek/surat berharga) atau produk Perbankan, perusahaan atau bank yang menawarkan harus memiliki izin usaha dan tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
- Pada penawaran produk komoditi berjangka, perusahaan tersebut harus memiliki izin usaha dan tercatat di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), Kementerian Perdagangan RI.
- Apabila koperasi menawarkan investasi, koperasi tersebut harus memiliki izin usaha dan tercatat di Kementerian Koperasi dan UKM.
  1. Perlu diketahui terkait Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) bukanlah izin untuk melakukan penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi.
 
  1. Pantau Dana Investasi dengan Lebih Rutin
Kondisi perekonomian yang sedang tidak stabil menuntut Anda untuk lebih perhatian pada dana investasi Anda. Bahkan survei menunjukkan terjadinya peningkatan jumlah investor yang memikirkan investasi mereka.
Itulah beberapa tips aman berinvestasi di tengah pandemi. Berlakulah bijak dengan melakukan berbagai pertimbangan. Agar hasilnya tetap baik dan tidak membawa kerugian. Hal lain yang juga perlu Anda ingat yaitu selalu melakukan diversifikasi ketika berinvestasi, apapun situasinya. Ini adalah kunci yang terbukti mampu mengurangi risiko saat anda melakukan investasi.
 

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif