4 Hal Penyebab Jerawat

Gaya Video Beauty Gaya
Sandra Odilifia • 09 Juni 2021 18:38
Jakarta: Hal yang satu ini biasanya tidak kita inginkan. Tapi yang namanya alamiah pastinya hal yang satu ini terkadang enggak bisa dihindarkan. Apalagi kalau bukan jerawat. 

Menurut Alodokter, jerawat (acne vulgaris) adalah masalah kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. 

Kondisi ini umumnya ditandai dengan munculnya bintik-bintik pada beberapa bagian tubuh, seperti wajah, leher, punggung, dan dada.

Penyebab jerawat

Nah, kenapa ada yang sangat sulit memberantas jerawat? Memangnya apa sih penyebab jerawat ya? Menurut dr. Indah Puspitha S, dari ZAP Clinic Depok ada empat hal yang bisa menyebabkan jerawat muncul, yaitu:

1. Genetik

Jerawat karena keturunan mungkin kurang tepat. Yang paling benar adalah jenis atau kondisi kulit yang bisa diturunkan oleh orang tua kepada anaknya. Jika kulit orang tua memiliki jenis kulit yang mudah berjerawat, kemungkinan akan sama dengan si anak.

2. Faktor hormonal

Jerawat juga bisa terjadi karena faktor hormonal. Peningkatan kadar hormon androgen, yaitu testosteron, dapat memicu kelenjar minyak untuk memproduksi minyak di wajah secara berlebihan. Efeknya, pori-pori kulit bisa tersumbat dan muncul jerawat.

3. Penggunaan kosmetik yang tidak tepat

Jurnal menginfokan bahwa yang paling banyak memicu jerawat bagi wanita adalah kosmetik. Bagi kulit yang berminyak dan berjerawat, penggunaan kosmetik berbahan dasar minyak juga tidak tepat, karena menyumbat akan semakin membuat kulit berminyak dan membuat pori-pori tersumbat, sehingga menyebabkan timbulnya jerawat. 

Jadi, gunakan kosmetik yang paling cocok dan jangan mudah terbuai dengan kosmetik yang mahal ya, karena yang mahal belum tentu cocok lho!

4. Gaya hidup

Faktor lainnya yang memicu jerawat adalah gaya hidup yang kurang sehat. Misalnya merokok, stres, dan makan makanan yang tidak sehat. Riset membuktikan orang yang sering mengonsumsi gula tambahan memiliki risiko terkena jerawat hingga 30 persen.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa saja yang bisa memunculkan jerawat. Konsultasikan ya pada dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan bisa menghilangkan jerawat kamu yang bandel!

(TIN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING
VIDEO TERKAIT

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif