Seperti Cerita Fiktif, Mantan Kepala LBM Eijkman: Waspadai Ada yang Incar Info Genetik

CrossCheck penelitian Riset dan Penelitian Crosscheck BRIN Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Eijkman
Indra Maulana • 23 Januari 2022 15:33
Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman resmi melebur ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) pada 1 September 2021. Mantan Kepala LBM Eijkman Amin Soebandrio mengungkapkan potensi serangan genetik usai peleburan berbagai lembaga ke BRIN. Serangan itu bisa terjadi bila negara lain memiliki niat jahat terhadap Indonesia. 

Selain adanya perubahan terkait sektor organisasi, Amin mengatakan ada kebijakan baru sentralisasi yang membuat penelitian berbagai lembaga terpusat di Cibinong Science Center, Jawa Barat. Penelitian yang disatukan dalam satu ruangan coworking space dengan alat yang di pakai bersama.

Amin menyebut pemakaian alat bersama berpotensi mengandung mikroba yang membahayakan manusia dan lingkungan. Pemakaian tersebut juga bisa meninggalkan informasi genetik terkait manusia. Sehingga, jika negara lain yang memiliki niat jahat terhadap Indonesia, dapat memanfaatkannya secara keliru atau disalahgunakan. Bahkan Kemungkinan terburuknya, kata Amin, yakni informasi genetik masyarakat Indonesia dikuasai asing. Negara-negara tersebut bisa saja nakal hingga membahayakan genetik orang Indonesia

Hai, Sobat Medcom.id! Kalau kamu punya video peristiwa menarik bisa mengirimkannya ke redaksi@medcom.id. 

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif