Puncak Acara FesKaBI 2020

Video Advertorial
Gervin Nathaniel Purba • 23 Februari 2021 14:59
Jakarta: Festival Edukasi Bank Indonesia (FesKaBI) 2020 memasuki acara puncak. Para pemenang kompetisi diumumkan pada acara BI Netifest 2021, Jumat, 19 Februari 2021, di Grand Studio Metro TV, Jakarta.

Acara ini merupakan upaya BI dalam memberikan edukasi mengenai literasi ekonomi digital kepada masyarakat. Terutama seputar kebijakan BI untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Edukasi juga diberikan melalui kompetisi. Ada kompetisi blog, comic strip, video satu menit, vlog, dan film animasi. Kompetisi telah dilaksanakan sejak penyelenggaraan FesKaBI 2020.

Direktur Departemen Komunikasi BI Junanto Herdiawan mengatakan banyak anak muda yang tetap antusias mengikuti kompetisi ini, meskipun di tengah pandemi covid-19. Hal ini menandakan banyak anak muda tetap kreatif dan produktif, walau dalam kondisi pandemi covid-19.

"Sebanyak 12 ribu orang yang mendaftar FesKaBI. Berarti banyak anak muda yang tidak malas gerak (mager)," ujar Junanto, pada pembukaan BI Netifest 2021.

Panitia telah menerima 1.300 konten yang terdiri atas 153 konten comic strip, 172 video animasi, 199 vlog, 245 video satu menit, dan 605 blog.

Deputi Gubernur BI Doni Primanto Joewono mengapresiasi respons para peserta. Hal ini diharapkan dapat membantu BI dalam menerjemahkan kebijakan BI agar lebih mudah disampaikan kepada masyarakat.

"Melalui BI Netifest terjalin komunikasi yang transparan dan aktif dengan masyarakat, khususnya generasi muda," kata Doni.

Dia berharap, BI Netifest dapat mendorong anak muda agar lebih kreatif. Terutama di tengah pandemi covid-19. Saat ini, inovasi dan ekonomi kreatif diharapkan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi.

Sebagai informasi, BI telah mengembangkan sistem pembayaran dan memfasilitasi perkembangan inklusi keuangan dalam menyikapi perkembangan ekonomi digital saat ini.

"Kita kembangkan ekonomi digital bahkan integrasikan banking dan fintech sehingga dapat berkolaborasi, tidak saling merugikan," kata Doni.

Melalui kegiatan ini, BI juga mendorong generasi muda untuk bertransaksi digital menggunakan QRIS dan tetap mencintai produk lokal dengan turut aktif mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Dalam menentukan pemenang kompetisi, BI Netifest menghadirkan juri ternama yang sudah ahli di bidangnya. Mereka adalah Fathia Izzati, Alitt Susanto, Faza Meonk, dan Wahyu Aditya.

Berikut ini daftar pemenang FesKaBI 2020.

Komik strip
1. Dimaz Sadewa
2. Dimas Aryo Wirawan
3. Nana Maulana

Blog
1. Ridwan
2. Nurul Mutiara Risqi Amalia
3. Dewi Nurfitri Oktaviani

Video Satu Menit
1. Arfiyan Dewa Purnama
2. Awzain Alzabat Auli
3. Roiyan Cahya Ramadhan

Vlog
1. Santi Oktaviani
2. Gatot Prasetyo
3. Normadani

Animasi
1. Dionisius Miki Pratama
2. Tantra Dharmakerti Parikesit
3. Sudibyo Saputra

(GBI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif