Jakarta Masuk Masa Transisi, Pakar Epidemiologi: Harus Menahan Diri Jangan Terlalu Euforia

Prime Talk Kenormalan Baru
Medcom • 04 Juni 2020 23:40
DKI Jakarta mengumumkan berlakunya masa transisi mulai Kamis (4/6/2020). Dalam masa transisi ini, kata Anies, kegiatan sosial ekonomi sudah bisa dilakukan secara bertahap dan ada batasan yang bakal diterapkan. Pemprov DKI pun akan memperketat pembatasan gerak masyarakat di seluruh RW tersebut agar bisa segera bebas dari pandemi korona. Salah satunya pemakaian surat bagi warga yang hendak keluar masuk.

Terkait masa transisi ini yang dikhawatirkan dapat memicu penambahan kasus baru jika masyarakat tidak disipilin. Pakar Epidemiologi FKM UI Pandu Riono mengatakan kita harus bersama-sama menahan diri dan jangan terlalu euforia dulu baik pelaku bisnis atau masyarakat luas.

Kita masih dalam kondisi keprihatinan karena status darurat nasional belum dicabut. Pentingnya edukasi kepada masyrakat harus terus disampaikan mulai dr RT hingga tempat-tempat umum. Dengan demikian perlahan-lahan menjadi perubahan. 

Memang kondisi ini bukanlah hal yang mudah. Tetapi dengan memulai secara bertahap serta peran masyarakat membantu dengan mematuhi protokol kesehatan secara ketat serta benar-benar pergi keluar untuk memenuhi kebutuhan yang sangat diperlukan. Ini menjadi tantangan terbesar kita yang harus kita hadapi bersama.

Courtesy: Metro TV
(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif