Alasan Josep Maria Bartomeu Mundur dari Presiden Barcelona

Medcom Sport Barcelona
Medcom • 28 Oktober 2020 17:20
Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu telah resmi mengundurkan diri dari jabatannya dengan seluruh petinggi klub lainnya juga mengikuti langkahnya pada, Rabu 28 Oktober 2020.

Keputusan Bartomeu tersebut diambil setelah beberapa bulan mendapat kritik setelah Barcelona dipermalukan oleh Bayern Munich 2-8 di Liga Champions, serta permintaan mengejutkan Lionel Messi untuk meninggalkan klub.

Meski Messi pada akhirnya memutuskan bertahan, Bartomeu tetap diminta untuk melepas jabatannya oleh para suporter selama beberapa bulan terakhir.

Ia menjabat sejak 2014 silam. Seharusnya jabatan Bartomeu sebagai presiden akan berakhir pada Maret 2021 ketika Barcelona akan melakukan pemilihan presiden baru. Namun, anggota klub menyerukan mosi tidak percaya dalam upaya untuk segera menggulingkannya.

Sebanyak 20.687 suara dikumpulkan untuk mosi tersebut. Jumlah ini melewati batas dari 16.250 tanda tangan yang diperlukan agar pemungutan suara dapat dilanjutkan.

Pengunduran diri bersama dewan direksi lainnya telah dilakukan dengan sejumlah pertimbangan matang. Dia pun memilih mundur ketimbang 'dipecat' oleh petisi mosi tidak percaya.

"Ini adalah keputusan yang dipertimbangkan oleh semua orang. Pagi ini saya menerima tanggapan dari Generalitat dan tanggapannya jelas menegaskan kembali bahwa tidak ada halangan hukum untuk melanjutkan mosi tidak percaya. Keputusan-keputusan ini kontradiktif dan tidak bertanggung jawab," ujar Bartomeu. AFP Foto.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif