Menilik Kemajuan Internet di Desa Kalimantong NTB

Medcom Nasional akses internet
Medcom • 23 November 2020 14:15
Ekspedisi Bakti untuk Negeri telah tiba di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Kali ini, tim ekspedisi menelusuri pemanfaatan internet untuk membangun desa berdikari, yakni di Desa Kalimantong. Hadirnya internet di desa ini memberikan sejumlah kemajuan. Salah satunya terhadap aktivitas di kantor desa.
 
Kantor Desa Kalimantong menjadi salah satu fasilitas publik yang mendapatkan bantuan internet dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Di sini, akses wifi sudah dapat diakses sejak 2019. Awalnya, internet di kantor desa hanya berguna untuk e-billing pajak. Namun, kini akses internet gratis yang tersedia di Kantor Desa Kalimantong juga biasa dimanfaatkan anak-anak sekitar untuk belajar daring.
 
Pada 2020, Bakti Kominfo telah memasang akses internet (Aksi) bidang pendidikan di 159 lokasi di Pulau Sumbawa dengan total 46 BTS yang sudah dibangun. Sektor lain yang menerima manfaat internet di Desa Kalimantong adalah pertanian. Internet pun berdampak positif untuk produktivitas pertanian yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sinar Makmur. Internet telah digunakan untuk pemasaran produk Bumdes, yakni melalui media sosial seperti Facebook. Penggunaan internet telah mempermudah transaksi, di samping mobilitas yang semakin lancar. MI.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif