Hari Air Sedunia 2022 Sorot Pentingnya Penggunaan Air Tanah yang Bijak

Medcom Nasional Air tanah
MetroTV • 22 Maret 2022 14:12
Setiap tanggal 22 Maret diperingati sebagai hari air sedunia. Masih ada beragam permasalahan terkait air yang belum terselesaikan. Tahun ini, air tanah menjadi tema utama peringatan hari air sedunia. Air tanah dianggap sebagai sumber daya penting yang sering diabaikan dalam membuat kebijakan pembangunan berkelanjutan.

Air tanah juga merupakan bagian penting mempertahankan aliran dasar sungai dan mencegah penurunan tanah. Salah satu masalah yang dihadapi Jakarta ialah air tanah dan kaitannya dengan penurunan tanah.

80% air tanah di wilayah cekungan air tanah Jakarta tidak memenuhi standar. Kandungan air tanah Jakarta bagian utara merupakan wilayah terparah karena mengandung unsur besi, natrium, klorida yang tinggi. Kandungan cekungan air tanah Jakarta bagian selatan tidak layak minum didominasi unsur logam seperti mangan, besi dan timbal.

Penggunaan air tanah yang bijak perlu menjadi kebiasaan masyarakat terutama di wilayah DKI Jakarta mengingat eksploitasi air tanah dan penurunan permukaan tanah jakarta terus terjadi.

Hai, Sobat Medcom.id! Kalau kamu punya video peristiwa menarik bisa mengirimkannya ke redaksi@medcom.id

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif