Nadiem Makarim Pastikan Formasi CPNS Guru Tetap Ada

Medcom Nasional Kebutuhan Guru Nadiem Makarim
MetroTV • 06 Januari 2021 14:41
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim akhirnya angkat bicara terkait ramainya isu penghapusan formasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk guru. Nadiem menegaskan bahwa formasi CPNS Guru tetap ada.

Menurut Nadiem, telah terjadi mispersepsi soal tidak adanya formasi CPNS Guru tersebut. Nadiem pun menyebut bahwa persepsi yang beredar selama ini adalah salah dan tidak pernah menjadi kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Namun, ia menyebut bahwa pada tahun ini, 2021, pemerintah memang akan fokus merekrut guru honorer sampai dengan kapasitas satu juta lewat jalur PPPK. Ia menambahkan bahwa nantinya guru PPPK yang mempunyai performa kinerja yang baik bakal menjadi pertimbangan penting ketika guru tersebut mendaftar CPNS.  

Status PPPK ini dianggap sama dengan pegawai honorer. Namun, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana membantah hal tersebut. Bima menjelaskan bahwa gaji, tunjangan, dan hak yang diterima oleh PPPK sama dengan PNS.

Gaji dan tunjangan PPPK sama persis dengan PNS sesuai kelas dan jabatannya. Perbedaannya hanya dalam sistem pensiun, itu pun kami sedang berupaya membuat skema-skema pensiun untuk membuat PPPK ini tidak mendapati lebih dari saudara-saudaranya yang PNS," kata dia. 

Dirinya kembali menegaskan bahwa PPPK merupakan bagian dari ASN, yang juga tergabung dalam himpunan Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri).

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif