5 Gejala Katarak yang Harus Diwaspadai

Medcom Lifestyle katarak
Medcom • 19 Agustus 2019 16:55
Katarak merupakan salah satu penyebab utama kebutaan bagi mereka yang berusia lebih dari 40 tahun. Namun terkadang masih banyak yang belum mengetahui gejela - gejala dari mata katarak. Berikut beberapa gejala katarak yang perlu diwaspadai:

1. Penglihatan yang buram atau seperti berawan
Penglihatan yang buram adalah gejala utama dari katarak. Penglihatan yang buram dapat disebabkan karena berbagai faktor, tetapi seiring bertambah parah katarak maka penglihatan Anda akan semakin buram

2. Penurunan persepsi warna
Karena adanya masalah pada penglihatan, warna juga akan terlihat kurang jelas bahkan akan semakin memudar seiring berjalannya waktu. Misalnya, warna putih bisa terlihat menjadi agak kekuningan.

3. Sensitif terhadap cahaya atau sesuatu yang berkilau
Lampu atau cahaya dan bahkan sinar matahari bisa menjadi musuh Anda ketika mengalami katarak. Karena katarak menyebarkan banyak cahaya yang masuk ke mata, dokter mata melaporkan bahwa gejala ini akan sangat umum.

4. Kesulitan mengemudi di malam hari
Karena katarak menyulitkan keseimbangan kontras antara gelap dan terang dari lampu mobil, kebanyakan pasien yang mengalami katarak mengalami kesulitan mengemudi pada malam hari.

5. Kesulitan membaca huruf-huruf kecil
Kesulitan membaca huruf-huruf kecil, bisa jadi pertanda Anda membutuhkan kacamata baca. Namun jika itu tidak membantu, bisa jadi disebabkan oleh katarak.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif