Ini Alasan Pemerintah Bakal Rekrut Satu Juta Guru PPPK di 2021

Medcom Lifestyle Kesejahteraan Guru Bantuan Pendidikan Guru Honorer
Medcom • 25 November 2020 04:18
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengungkapkan, sejak empat tahun terakhir, jumlah guru menurun sekitar 6 persen setiap tahunnya. Penurunan terjadi karena pensiun, dan pergantiannya tidak dapat mengejar kebutuhan jumlah guru karena meningkatnya jumlah siswa didik.

Kompetensi guru sebagai pilar pendidikan menjadi penentu keberhasilan proses pendidikan yang dapat menghasilkan sumber daya manusia (SDM). Oleh sebab itu, diperlukan persyaratan tertentu untuk dapat diangkat menjadi seorang guru berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Pertimbangan kompetensi dalam seleksi guru PPPK itu bukan tanpa alasan. Wapres mengatakan, saat ini pemerintah menempatkan pembangunan SDM unggul sebagai prioritas nasional. SDM unggul merupakan kunci untuk memenangkan persaingan global, dan guru memiliki peran yang sangat penting untuk menghasilkan SDM unggul. Karena itu diperlukan tenaga pendidik dengan kompetensi tinggi yang jumlahnya juga harus sesuai dengan sebaran satuan pendidikan di Tanah Air.


Wapres menjelaskan, dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang ASN, dimungkinkan untuk mengangkat Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Adapun pengaturan rincinya dituangkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 Tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.
 
Dengan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) ini, serta mengingat kondisi keuangan negara yang telah memungkinkan, sejak tahun lalu telah dilakukan pengangkatan guru PPPK. Walaupun, dengan jumlah yang sangat terbatas.

"Tahun 2021 pemerintah merencanakan untuk melakukan seleksi terbuka bagi calon guru PPPK. Diharapkan dengan awal yang baik ini penyelesaian status guru honorer secara bertahap dapat terselesaikan," terangnya. MI/YouTube: Sekretariat Wakil Presiden.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif