Usai Kisruh di Capitol, Trump Akui Kemenangan Biden

Medcom Internasional donald trump Pilpres AS 2020 Pelantikan Joe Biden
Medcom • 08 Januari 2021 14:20
Wapres AS Mike Pence mengatur kembali sesi gabungan kongres AS untuk mengesahkan kemenangan Biden yang sempat terhenti akibat aksi penyerbuan oleh para pendukung Trump. Biden meraih 306 suara elektoral, sementara Trump hanya meraup 232 suara elektoral. Pelantikan Biden akan dilaksanakan pada 20 Januari mendatang. Presiden Petahana AS Donald Trump akhirnya mengakui kemenangan Presiden Terpilih Joe Biden. Hal tersebut disampaikan Trump lewat video yang diunggahnya melalui Twitter. 

Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, untuk pertama kalinya dalam pesan video kepada publik, mengakui dirinya tidak akan menjabat untuk periode kedua. Namun Trump tetap tidak mengucapkan selamat untuk pemerintahan baru AS yang akan dipimpin Presiden terpilih AS, Joe Biden.
Seperti dilansir Reuters dan CNN, Jumat (8/1/2021), dalam pesan video terbaru yang dirilis via akun Twitternya pada Kamis (7/1) waktu setempat, Trump mengakui bahwa akan ada pemerintahan baru AS pada 20 Januari mendatang. Pesan video ini tampaknya direkam di Gedung Putih.

Pernyataan Trump ini menjadi pengakuan pertama, secara tidak langsung, akan kekalahannya dalam pilpres AS 2020. Trump menyampaikan pernyataan ini sehari setelah para pendukungnya menyerbu dan memicu kekacauan di dalam Gedung Capitol AS, Washington DC. 

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif