Trump Dukung Pedemo Hong Kong, Tiongkok: AS Akan Tanggung Konsekuensinya

Medcom Internasional Protes Hong Kong
Medcom • 28 November 2019 11:17
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump tandatangani undang-undang yang mendukung para demonstran pro-demokrasi di Hong Kong. Sikap Trump ini dikhawatirkan bisa membuat marah Tiongkok, di saat kedua negara tengah dirudung masalah perang dagang.

Dalam sebuah pernyataan, Trump berbicara tentang ‘rasa hormat’ terhadap Presiden Tiongkok Xi Jinping. “Saya berharap para pemimpin dan perwakilan Tiongkok dan Hong Kong akan dapat menyelesaikan perbedaan mereka secara damai,” ujar Trump.

Seminggu yang lalu, Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, mengutuk rancangan undang-undang (RUU) itu sebagai ‘campur tangan dalam urusan dalam negeri Tiongkok.’ Kemenlu peringatkan AS akan "menanggung konsekuensi" jika RUU disahkan.

Undang-Undang Hak Asasi Manusia dan Demokrasi Hong Kong, memenangkan dukungan bipartisan di Kongres, yang berarti mendukung para pedemo Hong Kong.

Kongres juga mengesahkan undang-undang yang melarang penjualan gas air mata, peluru karet, dan peralatan lainnya yang digunakan oleh pasukan keamanan Hong Kong untuk meredam protes.

AFP: Mandel Ngan, Nicolas Asfouri, Dante Diosina Jr, Dale De La Rey, 
Florence Lo, Noel Celis, Drew Angerer, Frederic J. Brown
(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif