Aksi Filantropi Buat Bill Gates Tak Lagi Jadi Orang Terkaya

Medcom Internasional bill gates
Medcom • 20 Januari 2020 17:32
Miliarder Bill dan Melinda Gates akan lunasi utang Nigeria. Nigeria memiliki utang sebesar $76 juta. Pembayaran dilakukan selama 20 tahun, dimulai tahun ini. Tahun 2014, Nigeria meminjam uang dari Jepang untuk melawan penyakit polio. Gates setuju untuk lunasi utang Nigeria dengan syarat, yakni 80% wilayah di negara tersebut menerima vaksinasi. Di tahun 2017 tidak ada kasus polio baru di Nigeria. Itu merupakan sebuah perubahan drastis. Sebab 50% kasus polio di dunia berada di Nigeria.

The Gates Foundation habiskan $3 miliar di tahun 2017 untuk membantu hentikan penyebaran polio di dunia. The Gates Foundation juga habiskan $1 miliar untuk mengirim 20 ribu anak ke perguruan tinggi. Gates juga berkomitmen memerangi alzheimer, serta sediakan sumber daya bagi perempuan di negara berkembang. Gates juga mendirikan yayasan Giving Pledge bersama Warren Buffet di tahun 2010. Yayasan ini membantu masyarakat kurang mampu.

Karena aksinya, Gates bukan lagi orang terkaya di dunia. Kini gelar itu dipegang oleh Jeff Bezos yang memiliki kekayaan $108 miliar. Sementara Gates saat ini bernilai $92 miliar. Bloomberg mencatat, Gates memiliki kekayaan $150 miliar jika dia tidak begitu murah hati. 

Sumber: APTN, AFP PHOTO/PIUS UTOMI EKPEI/Sajjad HUSSAIN
REUTERS/MI/YONHAP, YouTube: Gates Foundation, Bill Gates, www.gatesnotes.com
(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif