Emir Kuwait Syekh Sabah al-Ahmad Meninggal Dunia

Medcom Internasional kuwait
Medcom • 30 September 2020 03:03
Emir Kuwait, Syekh Sabah al-Ahmad al-Jaber al-Sabah meninggal dunia dalam usia 91 tahun. Dilansir Al Jazeera, Selasa (29/9/2020), Syekh Sabah al-Ahmad meninggal di sebuah rumah sakit Amerika Serikat pada Selasa waktu setempat.

Syekh Sabah al-Ahmad lahir pada tahun 1929. Dia dikenal luas sebagai arsitek kebijakan luar negeri Kuwait modern. Dia menjabat sebagai menteri luar negeri selama hampir 40 tahun.

Dia menjadi emir Kuwait pada Januari 2006 setelah kematian Syekh Jaber al-Sabah. Pada Agustus 2019 lalu, Kuwait mengumumkan Syekh Sabah menderita penyakit yang mengharuskannya dirawat di rumah sakit. Lalu pada Juli 2020, Syekh Sabah terbang ke Amerika Serikat untuk menjalani operasi. Syekh Sabah diterbangkan dari Kuwait ke Rochester, Minnesota.

Posisi Emir Kuwait diharapkan akan digantikan oleh saudara tirinya yang berusia 83 tahun, Putra Mahkota Sheikh Nawaf Al Ahmad Al Sabah. Kuwait, negara berpenduduk 4,2 juta orang, adalah negara yang terletak strategis di antara Arab Saudi dan Irak di mulut Teluk yang kaya minyak. Negara ini memiliki salah satu cadangan minyak terbesar di dunia.

Sheikh adalah penguasa ke-15 dalam dinasti Al Sabah, yang dimulai pada 1752, dan merupakan emir kelima sejak Kuwait memperoleh kemerdekaan dari Inggris pada tahun 1961. Sheikh Sabah menjabat sebagai menteri luar negeri dari tahun 1963 hingga 2003. AFP Foto.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif