238 ABK Kapal AIDA Dijadwalkan Tiba Sore Ini di Jakarta

Medcom Internasional ABK WNI
Fajar Nugraha • 18 Mei 2020 11:49
Berlin: Kurang lebih seminggu sebelum Hari Raya Idul Fitri, 238 kru kapal pesiar AIDAbella dan AIDA blu tiba di Jakarta. Mereka diberangkatkan dari Bandara Frankfurt Jerman pada 17 Mei 2020 dengan menggunakan pesawat carter Condor.

Phlilipp Heidmann, Director Brand Emergency Response AIDA Cruises menyebutkan bahwa pemulangan ini merupakan repatriasi terakhir kru kapal AIDA ke Indonesia.

Persiapan kepulangan para kru Kapal AIDA ini dikoordinasikan intensif oleh seluruh Perwakilan RI di Jerman. Koordinasi rencana pemulangan dengan pihak perusahaan serta otoritas terkait di Jerman dan di Indonesia dilakukan oleh KBRI Berlin.

Sementara KJRI Frankfurt bertugas terutama untuk menkoordinasikan teknis repatriasi dengan otoritas terkait di Bandara Frankfurt. Sedangkan KJRI Hamburg mengkoordinasikan dengan pihak perusahaan untuk ketibaan para kru di pelabuhan Hamburg serta keberangkatan menuju Bandara Frankfurt.

“Alhamdulillah, koordinasi kita lancar. Masing-masing menjalankan tugasnya dengan sangat baik. Ketiga Perwakilan juga melakukan pendampingan sejak kru diberangkatkan dari Hamburg sampai mereka diterbangkan ke Indonesia,”  ujar Duta Besarr RI di Berlin Arif Havas Oegroseno.

Dubes Oegroseno juga menambahkan bahwa sampai dengan pemulangan hari ini Minggu ini, total WNI kru kapal pesiar Jerman yang sudah dipulangkan ke Indonesia berjumlah 1.694 orang.

Dijadwalkan para kru tiba di Bandara Soekarno Hatta Jakarta pada Senin sore, 18 Mei 2020. Setibanya di Jakarta mereka akan menjalani standar prosedur penanganan covid-19 yang diberlakukan oleh Pemerintah Indonesia. Setelah selesai dari prosedur ini mereka akan diterbangkan kota asal mereka, yakni Denpasar, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, Bandar Lampung, Palembang.

Sumber KBRI Berlin
(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif