Jokowi Sebut Ada 7 Perusahaan Asing Relokasi Pabrik ke Indonesia

Medcom Bisnis investasi asing
Medcom • 30 Juni 2020 14:41
Presiden Joko Widodo mengizinkan tujuh perusahaan asing pindah ke Indonesia. Kehadiran perusahaan untuk membuka sebanyak-banyaknya lapangan pekerjaan.

Jokowi memerintahkan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) memberikan pelayanan terbaik. Sebanyak tujuh perusahaan itu berasal dari Tiongkok, Jepang, Taiwan, dan Korea Selatan.

Kepala Negara mengaku siap membantu bila terjadi masalah pembebasan lahan. Ia menyiapkan kawasan Batang, Jawa Tengah, untuk kawasan industri. Jokowi mengatakan, di kawasan industri ini akan disiapkan kurang lebih 4.000 hektar lahan. Untuk tahapan pertama, akan disiapkan kurang lebih 450 hektar. Ia juga memastikan kawasan ini siap menampung industri asing yang hendak berinvestasi di Indonesia.

Jokowi mengatakan saat ini ada potensi 119 perusahaan yang akan relokasi dari Cina. Tujuh perusahaan dipastikan masuk dan 17 perusahaan sudah berkomitmen besar untuk menyusul. Proses masuknya 17 perusahaan ke Indonesia sudah 60 persen.

"Cipta lapangan kerja, itu yang kita tuju," kata Jokowi di Batang, Jawa Tengah, Selasa, 30 Juni 2020.

Berikut adalah tujuh perusahaan asing yang memindahkan industrinya ke Tanah Air:
1. PT Meiloon Technology Indonesia
Relokasi pabrik dari Suzhou, China. Pabrik di Taiwan dan China merupakan pusat produksi untuk pasar global
2. PT Sagami Indonesia
Relokasi pabrik dari Shenzen, China karena biaya pabrik dan tenaga kerja di indonesia lebih kompetitif dari China.
3. PT CDS Asia (Alpan)
Relokasi pabrik dari Xiamen, China karena tarif impor produknya dari Indonesia ke Amerika 0% dibanding tarif 25% dari China ke Amerika.
4. PT Kenda Rubber Indonesia
Relokasi pabrik dari Shenzen, China, karena peningkatan permintaan pasar di Indonesia.
5. Denso, PT Denso Indonesia
Relokasi pabrik dari Jepang karena memandang Indonesia sebagai lokasi terbaik setelah melakukan riset ke berbagai negara di kawasan ASEAN.
6. PT Panasonic Manufacturing Indonesia
Relokasi dari China karena ingin menjadikan Indonesia sebagai pasar basis ekspor bagi beberapa kategori produk home appliances.
7. PT LG Electronics Indonesia
Relokasi dari Korea Selatan dan berencana menjadikan Indonesia sebagai regional hub baru yang menjangkau pasar Asia dan Australia. LG Chemical telah menyatakan komitmen dengan nilai investasi US$9,8 miliar dan potensi penyerapan kerja 14.000 orang. Sebanyak 17 perusahaan lain berniat relokasi ke Indonesia dengan total investasi US$ 37 miliar dan berpotensi menyerap 112.000 tenaga kerja.

YouTube: Sekretariat Presiden


(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif