Ini Rincian Dana KKP Tambah Anggaran Rp1,02 Triliun

Medcom Bisnis kelautan dan perikanan
Medcom • 28 Mei 2020 18:59
Pemerintah sedang membahas pemberian insentif kepada nelayan-nelayan yang terdampak pandemi covid-19. Dalam rapat terbatas tersebut, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengusulkan anggaran stimulus APBN 2020 untuk memperkuat sektor nelayan tangkap dan budidaya.

Edhy merincikan dana tersebut akan diperuntukkan bagi bantuan nelayan Rp413,27 miliar, bantuan budidaya Rp406,55 miliar, bantuan pengolah dan pemasar Rp36,07 miliar, bantuan petambak garam Rp54,1 miliar, dan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan untuk mengawasi kapal-kapal pencuri asing Rp106,48 miliar, serta pengawasan audit internal Rp8 miliar.

Tidak hanya itu, pihaknya juga meminta anggaran untuk sektor budidaya dan tangkap. Kemudian pengadaan cold storage yang besar sampai yang kecil, dalam rangka mengantisipasi ketika penyerapan belum sempurna karena beberapa daerah masih Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Di sektor budidaya dan tangkap minta untuk mengadakan pengadaan tempat penyimpanan dingin (cold storage) besar dan kecil dalam rangka antisipasi penyerapan belum sempurna karena beberapa daerah ada Pembatasan Sosial Berskala Besar," ujarnya.

Edhy juga mengusulkan pemberian Penyertaan Modal Negara (PMN) kepada BUMN sektor perikanan yaitu Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo) dan PT Perikanan Nusantara (Persero). Nilainya masing-masing Rp500 miliar.

Youtube: Sekretariat Presiden/MI/Antara Foto.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif