Upaya Pemerintah Pulihkan Ekonomi Nasional

Prime Talk Indonesia Resesi
MetroTV • 06 November 2020 00:27
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah akan berupaya menjaga momentum pemulihan ekonomi nasional. Apalagi pada kuartal III, ekonomi mulai membaik meski masih mencatat kontraksi sampai masuk resesi.
 
Pada kuartal III-2020, pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat minus 3,49 persen secara year on year (yoy). Ini lebih baik dari pertumbuhan ekonomi minus 5,32 persen di kuartal II, walaupun pada kuartal I ekonomi masih tumbuh positif sebesar 2,97 persen.

Ia menambahkan kontraksi ekonomi pada kuartal II lalu terjadi karena adanya pembatasan sosial untuk mencegah penyebaran pandemi COVID-19. Kondisi tersebut membuat konsumsi rumah tangga yang menjadi penopang pertumbuhan ekonomi tertekan.
 
Sementara di kuartal III, Sri Mulyani menyebut komponen pertumbuhan ekonomi melalui konsumsi pemerintah sudah positif. Sedangkan komponen pengeluaran PDB lainnya masih terkontraksi meski membaik dibandingkan kuartal sebelumnya.

Meski begitu, ia mengakui bahwa saat ini ada tantangan untuk menghadapi kemungkinan gelombang kedua covid-19. Untuk itu, Sri Mulyani berharap momentum pemulihan ekonomi bisa dijaga bersama agar tidak terjadi kontraksi lebih dalam lagi. Courtesy: Metro TV

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif