Kampus Merdeka di Era Pandemi

NewsMaker Kampus Merdeka
Citra Larasati • 08 Desember 2020 12:22
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI (Kemdikbud) meluncurkan program kampus merdeka sebagai bagian dari episode Merdeka Belajar pada Januari 2020 silam. Kampus merdeka direspons positif, karena dinilai sangat strategis dalam upaya mempercepat peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) unggul. mengingat membangun SDM unggul di tingkat kampus adalah ujung tombak karena dekat dengan dunia pekerjaan.

Namun selang beberapa bulan program ini diluncurkan, dunia tiba-tiba dipaksa masuk ke sebuah masa penuh tantangan akibat covid-19. Dunia pendidikan dan seluruh aktivitas akademik di perguruan tinggi dipaksa beradaptasi cepat dengan disrupsi teknologi demi tetap berlangsungnya denyut nadi pendidikan.

Lalu bagaimana nasib program kampus merdeka ini berjalan di masa pandemi? Apakah ada hambatan-hambatan berarti, atau malah jangan-jangan justru melaju lebih cepat karena tersentuh oleh intervensi teknologi?

Simak jawabannya bersama Dirjen Pendidikan Tinggi, Kemdikbud, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D. dalam video berikut ini.

#CerdasBerkarakter #MerdekaBelajar #Newsmakermedcom
(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif