RS Rujukan COVID-19 Mulai Kewalahan, Satgas: Perilaku Masyarakat Harus Berubah

NewsMaker Virus Korona
Medcom • 05 September 2020 13:57
Masih tingginya kasus penularan COVID-19 membuat sejumlah rumah sakit (RS) rujukan kewalahan. Pasien yang dirawat kian bertambah. Wiku tak membeberkan RS yang kewalahan tersebut. Namun, situasi tersebut sejatinya bisa ditangani dengan distribusi pasien.

Distribusi pasien dengan gejala ringan atau sedang dari RS rujukan ke RS darurat Wisma Atlet Jakarta. Cara itu bakal menekan beban RS rujukan. Jika memungkinkan, pasien didorong isolasi mandiri. Kendati demikian, kondisi ini bisa ditekan dengan masyarakat disiplin protokol kesehatan mencegah penularan COVID-19.

Wiku Adisasmito meminta masyarakat tetap patuh terhadap protokol kesehatan. Pasalnya, dalam penanganan pasien COVID-19, rumah sakit (RS) niscaya tak sanggup menampung. Kondisi ini mesti dimaklumi. Pasalnya, sejak dulu Indonesia tidak tergerak untuk memperbanyak RS maupun tenaga medis.

Wiku mengatakan situasi tersebut membuat sejumlah RS tak mampu menampung pasien COVID-19. Ia meminta kepada masyarakat untuk 'menghemat' tenaga kesehatan dan kapasitas RS.

Disiplin protokol kesehatan wajib ditegakkan tanpa terkecuali. Dengan cara itu, penyebaran COVID-19 bisa ditekan dan mengurangi beban RS dalam menangani pasien.

Saksikan selengkapnya di https://www.youtube.com/watch?v=1cEwPu7nkOU&list=PLJ1-ZdG8q3PIp5REvVt8HS-wb-ikqxzm

#Newsmakermedcom  

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif