Memetik Hikmah di Balik Pandemi COVID-19

NewsMaker Virus Korona
Medcom • 13 Juni 2020 15:13
Ada banyak hikmah di balik wabah pandemi virus korona COVID-19  yang menyerang ratusan negara di dunia, termasuk Indonesia. Dalam skala kecil seperti keluarga, wabah menjadikan suasana di rumah semakin erat dan intim. Banyak pula kesempatan untuk merenung, mengevaluasi diri, dan memperbaiki diri.
 
Demikian dikatakan KH Abdullah Gymnastiar yang akrab disapa Aa Gym saat berbincang dengan Direktur Pemberitaan Medcom.id Abdul Kohar dalam program Newsmaker. Meski demikian, kata Aa Gym, tidak semua orang bisa mengambil hikmah tersebut. Hanya orang-orang yang beriman yang mampu menyerap hikmah itu.

Sebetulnya wabah ini baik-baik saja kalau kita menyikapinya dengan tepat dan benar. Salah satu hikmah dengan adanya wabah ini kita jadi tahu bahwa Islam sudah sangat siap dengan aturan ibadah di kala wabah. Pada hari-hari biasa kita tidak tahu tentang bagaimana salat di rumah, bagaimana Jumatan lalu diganti salat Zuhur, dan bagaimana tata cara salat Tarawih di rumah.

Dengan adanya wabah ini kita jadi tahu, dalam situasi begini ada hukum-hukum atau aturan-aturan yang menjadi solusi. Kalau di daerah kita adalah zona merah lalu MUI mengeluarkan fatwanya. Pemerintah juga menunjukkan daerah ini zona merah, kita salat di rumah tidak ada ruginya.

Kita tidak boleh emosional. Tidak boleh karena hanya keinginan semata. Ingin itu bagus tapi ada ilmunya. Kita bisa berkumpul di rumah dan bisa belajar dari rumah. Banyak sekali kebaikan akibat wabah ini kalau disikapi dengan niat dan cara yang baik.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif