Soal Temuan Mutasi Virus Korona 10 Kali Lebih Menular, Ini Kata Satgas COVID-19

NewsMaker Virus Korona
Medcom • 05 September 2020 14:57
Ditemukannya mutasi D614G dari virus corona penyebab COVID-19 menimbulkan banyak pertanyaan. Salah satunya mengenai efektivitas vaksin terhadap virus yang bermutasi.

Pakar Epidemiolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan, penularan mutasi virus korona D614G lebih cepat 10 kali. Spike protein yang dimiliki D614G sangat efektif menempel dan menginfeksi manusia.

Penemuan mutasi virus korona strain virus D614G disebut sebagai peringatan. Setiap orang mesti mewaspadai penularan tersebut.

"Jadi itu hanya alarm untuk mengatakan virusnya mutasi," kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam program Newsmaker yang dipandu Direktur Pemberitaan Medcom.id, Abdul Kohar, Kamis, 3 September 2020.

Wiku meyakini bahwa virus korona telah bermutasi. Namun soal penularan 10 kali lebih cepat mesti dibuktikan dengan riset mendalam. Indonesia, kata Wiku, belum melakukan penelitian terhadap temuan tersebut. Sehingga belum dipastikan penularan akibat mutasi tersebut berpotensi menyerang di berbagai wilayah tanah air.

Ia memandang mutasi virus korona sejatinya bisa teratasi dengan mengubah perilaku masyarakat. Menurut dia, berapa kali pun potensi penularan virus, tak bisa dilawan bila tidak disiplin protokol kesehatan.

Perilaku masyarakat mesti disiplin utamanya dalam melindungi bagian tubuh yang berpotensi terpapar COVID-19. Adaptasi itu sejatinya bisa dilakukan oleh semua orang.

"Karena cara virus menular tempatnya tetap sama enggak jauh-jauh dari permukaan ACE2 (pintu masuk virus di mata, hidung, dan mulut). Selama tertutup, mau dia mutasi 10 kali tapi cara (penularan) tetap sama, enggak ada masalah," ujar Wiku.

Saksikan selengkapnya di https://www.youtube.com/watch?v=1cEwPu7nkOU&list=PLJ1-ZdG8q3PIp5REvVt8HS-wb-ikqxzm

#Newsmakermedcom  


(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif