Dari Sinilah KKB Mendapatkan Senjata-senjata Canggih

NewsMaker Papua Teroris
Medcom • 10 Mei 2021 17:47
Pengamat Terorisme dan Intelijen dari Universitas Indonesia (UI) Ridlwan Habib menjelaskan jalur masuk senjata-senjata canggih yang digunakan oleh KKB Papua.

Pemerintah melalui Menteri Koordinator Poitik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD secara resmi menyatakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua sebagai teroris. 

Pelabelan tersebut diduga merupakan reaksi keras pemerintah pusat terhadap aksi KKB selama ini yang berpuncak pada gugurnya Kepala Badan Intelijen Daerah (KABINDA) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha.

Penyematan KKB sebagai kelompok teroris ditentang oleh sejumlah pihak, termasuk oleh Gubernur Papua Lukas Enembe karena dinilai akan berdampak serius bagi keamanan warga sipil di Papua. 

Langkah cepat diambil pemerintah untuk mengamankan situasi di Papua. TNI pun kabarnya telah menyiapkan 400 prajurit TNI dari Pasukan Setan untuk menumpas KKB Organisasi Papua Merdeka (OPM). 

Lantas benarkah penyematan KKB sebagai kelompok teroris dinilai terburu-buru? Apa konsekuensi dari penyematan tersebut? Benarkah TNI telah menerjunkan 400 prajurit dari Pasukan Setan? 

Simak wawancara Newsmaker dengan Pengamat Terorisme dan Intelijen dari Universitas Indonesia (UI) Ridlwan Habib.

#PasukanSetan? #KKB? #NewsmakerMedcom

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif