Hikmah Ramadan di Tengah Pandemi COVID-19

NewsMaker Ramadan 2020
Medcom • 16 Mei 2020 14:05
Ibadah Ramadan kali berlangsung di tengah pandemi global virus korona COVID-19. Hal ini menjadikan ramadan tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kebiasaan - kebiasaan yang dilakukan di masjid atau di luar rumah harus dikerjakan di rumah demi memutus mata rantai virus ini.

Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. dr KH Nasaruddin Umar turut memberikan penjelasan terkait bulan ramadan di tengah pandemi. Setiap musibah memiliki hikmahnya tersendiri, termasuk musibah wabah COVID-19 ini. Prof. dr KH Nasaruddin Umar  menerangkan selama ini kita merasakan bagaimana nikmatnya dunia, nikmatnya beribadah di masjid dan padatnya aktivitas di luar rumah sampai lupa dengan keluarga. 

Di balik pandemi COVID-19 ini memberikan hikmah dengan kembali tumbuhnya kasih sayang diantara keluarga. Sebelumnya anak-anak susah bertemu dengan orang tuanya atau para orang tua sulit bertemu anaknya karena sibuk bekerja. Sekarang Allah SWT memberikan kita kesempatan untuk lebih dekat dengan keluarga dan lebih menghargai waktu. Sebab waktu merupakan hal langka yang tidak bisa kita ulang kembali.

Terkait panduan ibadah ramadan di rumah, Prof. dr KH Nasaruddin Umar pun menjelaskan kita beragama itu harus proposional, mendahulukan yang wajib daripada yang sunah. Pergi ke masjid itu kan sunah tetapi memelihara dan mempertahankan diri dan keluarga dari keselamatan dan kesehatan itu wajib. Jadi kalau kita memaksakan diri ke masjid dan meninggalkan sunah artinya kita meninggalkan yang wajib. Menolak bahaya itu lebih utama daripada mengejar manfaat. Soal pahala kita kembalikan ke Allah SWT. Segala sesuatunya sudah nabi dan al-quran anjurkan demi kebaikan umat muslim. 

Saksikan video selengkapnya dalam program Newsmaker medcom.id bersama Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. KH Nasaruddin Umar yang dipandu oleh Direktur Pemberitaan medcom.id Abdul Kohar di Youtube Medcom.id dan jangan lupa follow Medcom.id di semua akun sosial media kalian ya.
 
(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif