Vaksin Dosis Ketiga, Satgas Covid-19 Harus Tunggu Rekomendasi

Medcom Nasional covid-19 vaksin covid-19 Sinovac Kematian tenaga kesehatan
Medcom • 09 Juli 2021 15:05
Beberapa hari terkhir beredar wacana booster vaksin Covid-19 bagi tenaga kesehatan karena banyaknya kasus penularan dikalangan tenaga kesehatan.

Munculnya wacana ini setelah melihat data dari perhimpunan rumah sakit seluruh Indonesia yang mencatat per 28 juni 2021 1.031 tenaga kesehatan meninggal dunia karena terpapar Covid-19. Padahal sebelumnya para nakes yang meninggal sudah mengikuti dua kali dosis vaksin Sinovac. Namun vaksin tersebut dianggap belum cukup memberikan perlindungan pada tenaga kesehatan.

Disamping itu, efikasi Sinovac yang hanya 65 persen membuat keyakinan untuk menambah dosis ketiga vaksin Covid-19 pada tenaga kesehatan yang menerima paparan Covid-19 paling tinggi.


Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satgas Covid-19 Nasional, Brigjen TNI (Purn) Alexander Ginting, saat dihubungi Republika, Rabu (7/7), mengatakan Satgas masih harus menunggu rekomendasi terkait booster vaksin bagi nakes. "Semuanya harus menunggu rekomendasi dari ITAGI dan BPOM,"

Satgas masih harus menunggu rekomendasi terkait booster vaksin bagi nakes. Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) berdiri setelah terbit surat keputusan (SK) 1418 tahun 2006 yang memberikan saran dan rekomendasi pada Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Oleh karena itu, meski organisasi profesi kesehatan mengusulkan vaksinasi ini, Satgas Covid-19 masih menunggu rekomendasi ITAGI.

Kemenkes juga mengaku menunggu rekomendasi dari ITAGI sebelum memberikan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga untuk tenaga medis.

Kendati demikian, pihaknya mengaku terbuka dengan usulan yang disampaikan agar nakes mendapatkan suntikan dosis ketiga. Sebelumnya usulan dosis ketiga muncul dari Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Usul IDI disampaikan langsung Wakil Ketua Umum PB IDI, Slamet Budiarto, di hadapan Menkes Budi Gunadi dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR secara virtual.
Ia mengatakan sudah banyak nakes yang berguguran walaupun telah divaksin dosis kedua dengan Sinovac.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif