Jokowi Minta Penanganan Bencana di NTT Dilakukan dengan Cepat

Medcom Nasional banjir lahar banjir bandang Bencana Banjir NTT
Medcom • 05 April 2021 12:11
Presiden Joko Widodo telah memerintahkan jajarannya untuk melakukan evakuasi serta penanganan bencana di Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat dilakukan dengan cepat dan baik. Kepala BNPB Doni Monardo pun akan meninjau langsung ke lokasi bencana dengan menggunakan jalur darat. Sebab cuaca tidak memungkinkan jika melalui jalur udara.

Banjir lahar dingin Gunung Ile Lewotolok menerjang 14 desa di Kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur. Data sementara 18 orang tewas dan 24 orang hilang. Banjir ini diduga akibat material erupsi yang tertahan di Gunung Ile Lewotolok dan terbawa ke daratan akibat hujan yang terus mengguyur Lembata, NTT.

Sementara itu banjir bandang dan tanah longsor di Pulau Adonara menewaskan 61 jiwa. Korban meninggal dunia karena terseret arus banjir dan tertimbun tanah longsor atau material bangunan.

Siklon tropis seroja hingga saat ini masih menerjang Kupang dan sejumlah wilayah di NTT. Di Kupang, rumah warga tersapu badai yang terjadi sejak Minggu (4/4) kemarin. Badai membuat pohon tumbang dan banjir. Aliran listrik di Kupang pun sempat padam.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif