PM Yoshihide Suga Bertemu Jokowi, Inilah Empat Kerja Sama Indonesia-Jepang

Medcom Nasional presiden jokowi
Medcom • 21 Oktober 2020 03:56
Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo menyambut kunjungan Perdana Menteri (PM) Jepang Yoshihide Suga beserta Ibu Mariko Suga di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 20 Oktober 2020. Kunjungan ke Vietnam dan Indonesia pada pekan ini merupakan perjalanan luar negeri pertama PM Yoshihide Suga sejak resmi menjabat pada 16 September 2020. Seluruh tamu menerapkan protokol kesehatan mulai dari menggunakan masker, pelindung wajah, hingga jaga jarak.

Dalam pertemuan bilateral, kedua pemimpin membahas sejumlah hal, antara lain pertama, kerja sama pengelolaan pandemi. Presiden Jokowi mengatakan bahwa Jepang merupakan mitra penting Indonesia dalam mitigasi pandemi, termasuk evakuasi 69 anak buah kapal (ABK) warga negara Indonesia (WNI) dari kapal Diamond Princess di Yokohama. 

Jokowi menyambut baik penandatanganan memorandum kerja sama kesehatan antara Indonesia dan Jepang pada 19 Oktober 2020. Selain itu, Indonesia dan Jepang yang tergabung dalam ASEAN Covid-19 Response Plan menjadi dasar penguat penanggulangan pandemi.

Kerja sama kedua terkait pembentukan travel corridor arrangement bagi bisnis esensial. Indonesia dan Jepang sepakat menugaskan Menteri Luar Negeri menegosiasikan detail dan menyelesaikan kesepakatan tersebut. Jokowi memberi tenggat satu bulan.
 
Kerja sama ketiga terkait relokasi dan perluasan investasi perusahaan-perusahaan Jepang ke Indonesia. Keempat, penguatan spirit kerja sama di tengah rivalitas global yang semakin menajam. Kerja sama Indonesia-Jepang perlu diutamakan dalam hubungan Indo-Pasifik. YouTube: Sekretariat Presiden

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif