Kemenkes Batasi Harga Rapid Test Rp150 Ribu

Medcom Nasional Virus Korona
Medcom • 08 Juli 2020 01:56
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengatur harga tertinggi rapid test antibodi. Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor HK.02.02/I/2875/2020 Tentang Batasan Tarif Tertinggi Rapid Test Antibodi.
 
"Batasan tarif tertinggi untuk pemeriksaan rapid test antibodi adalah Rp150 ribu," tulis SE yang ditetapkan pada 6 Juli 2020 itu.
 
Dalam ketentuanya, besaran tarif berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan rapid test atas permintaan sendiri. Pemeriksaan rapid test harus dilaksanakan tenaga medis yang memiliki kompetensi dan berasal dari fasilitas pelayanan kesehatan.
 
Masyarakat banyak melakukan rapid test untuk keperluan perjalanan dalam negeri. Harga yang bervariasi untuk pemerikasaan menimbulkan kebingungan di masyarakat. Sehingga, pemerintah menetapkan tarif pemeriksaan rapid test agar masyarakat tidak merasa dimanfaatkan untuk mencari keuntungan.

"Surat edaran ini dimaksudkan untuk memberikan kepastian bagi masyarakat dan pemberi layanan rapid test antibodi, agar tarif yang ada dapat memberikan jaminan bagi masyarakat agar mudah untuk mendapatkan layanan pemeriksaan rapid test antibodi," tulis SE tersebut. Antara Foto/MI

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif