Dua Orangutan Diselamatkan dalam Kondisi Buruk

Medcom Nasional orangutan
Aswandi • 04 Desember 2019 15:10
International Animal Rescue (IAR) Indonesia dan Balai Konservasi sumber daya alam Kalimantan Barat kembali menyelamatkan dua orangutan. Penyelamatan ini dilakukan di Ketapang, Kalimantan Barat. Satu orangutan jantan diselamatkan dari kebun karet milik warga di Desa Sungai Awan Kiri. Sedangkan satu orangutan betina dewasa diselamatkan di Desa Sungai Besar. Menurut IAR Indonesia, orangutan betina kondisinya sangat kurus karena kelaparan selama berbulan-bulan sejak habitatnya terbakar.

Orangutan betina ini juga diduga kehilangan bayinya yang mati karena kekurangan nutrisi. Orangutan jantan bernama Jebur tersebut langsung dilepaskan di Hutan Sentap Kancang. Sementara Epen, orangutan betina, masih jalani pemeriksaan dan perawatan oleh pihak IAR. IAR Indonesia menjelaskan, kebakaran hutan tak hanya berpengaruh pada perubahan iklim, namun keanekaragaman hayati hutan rawa gambut di Kalimantan juga turut terancam. Inilah nasib buruk yang harus dihadapi oleh orangutan, primata ikonik Kalimantan.

Kebakaran hutan besar-besaran sejak 2015 mengakibatkan banyak orangutan mati dan sebagian besar orangutan lainnya kehilangan habitatnya. Akibatnya, ini mendorong orangutan ke jurang kepunahan maupun konflik dengan manusia. Karena orangutan terdesak keluar dari habitatnya dan memasuki kebun-kebun warga. Biasanya orangutan akan terluka atau bahkan mati karena diserang manusia. Kebakaran tahun ini juga telah menghancurkan populasi orangutan di Kalimantan. Sejak kebakaran pada Juli 2019, IAR Indonesia telah selamatkan sembilan orangutan. Sedangkan pada 2015 44 orangutan diselamatkan dari habitatnya yang hancur.

Reporter: Aswandi, Metro TV
(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif