102 BTS di NTT-NTB Terganggu Akibat Siklon Seroja

Medcom Nasional Kominfo banjir bandang internet bencana alam Bencana Banjir
Medcom • 07 April 2021 19:01
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, menjelaskan dampak siklon tropis seroja turut mempengaruhi sejumlah jaringan komunikasi di NTT dan NTB. Hal ini disebabkan lebih dari seratus Base Transceiver Statio di kedua provinsi tersebut terganggu.

Berdasarkan monitoring sejak hari pertama bencana sebanyak 98 dari sekitar dua ribu tiga ratus BTS di nusa tenggara timur terganggu. Sementara di Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat terdapat empat BTS terdampak dari total sekitar enam ratus 30 menara.

Namun Menteri Kominfo menjelaskan, sambil menunggu jaringan listrik kembali tersedia di sejumlah area turut disediakan genset untuk membantu pasokan listrik warga, perbaikan juga telah dilakukan terhadap jaringan kabel optik yang sempat terputus dan mengakibatkan gangguan layanan.

Siklon tropis seroja juga berdampak luas pada terganggunya akses transportasi dan berbagai infrastruktur. Kendati telah dilakukan sejumlah perbaikan, hingga kini akses layanan komunikasi di NTT dan NTB masih terbatas dan belum sepenuhnya pulih.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif