Viral Songket Diakui Warisan Malaysia oleh UNESCO, Pengrajin di Palembang Kecewa

Medcom Nasional Warisan Budaya UNESCO Kota Palembang Songket
MetroTV • 21 Desember 2021 19:09
Perajin songket di Palembang mengaku kecewa usai UNESCO menetapkan songket sebagai warisan budaya tak benda Malaysia. Perajin songket Palembang meminta pemerintah lebih serius memperjuangkan budaya tradisional songket ke level dunia.

Sementara itu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan meminta masyarakat tidak terlalu resah dengan ketetapan UNESCO terkait warisan budaya tak benda songket milik Malaysia karena Indonesia juga memiliki songket dengan motif sendiri yang berbeda dengan Malaysia.
 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan Aufa Syahrizal mengatakan masyarakat khususnya warga Palembang tak perlu terlalu resah dengan penetapan UNESCO tersebut. Menurut Aufa, Malaysia juga memang memproduksi songket namun berbeda kualitas dan motif dengan Indonesia.

Aufa juga menjelaskan banyak wilayah yang juga memproduksi songket. Tak hanya Malaysia dan Sumatera Selatan, songket juga ada di Jambi, Bengkulu, Sumatera Barat hingga Thailand. Aufa menyebut kualitas dan promosi terkait songket justru menjadi hal penting yang harus dilakukan agar dapat bersaing dengan kerajinan songket lainnya.

Hai, Sobat Medcom.id! Kalau kamu punya video peristiwa menarik bisa mengirimkannya ke redaksi@medcom.id.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif