BMKG Imbau Masyarakat Waspada Hujan Lebat Hingga Awal Oktober

Medcom Nasional hujan banjir tanah longsor cuaca ekstrem BMKG
MetroTV • 14 September 2021 20:13
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan potensi bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang dan tanah longsor akibat cuaca ekstrem. BMKG juga meminta masyarakat waspada atas dampak hujan lebat yang terjadi di Jabodetabek. Hujan lebat pada masa peralihan musim ini diprediksi akan terjadi hingga awal Oktober nanti.

BMKG memperingatkan potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat, petir, angin kencang dalam periode 13 hingga 20 September 2021 di sejumlah provinsi. Yakni Provinsi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung.
 
Kemudian Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara,Maluku Utara,Maluku,Papua Barat, dan Papua.
 
Guswanto menjelaskan dari total 342 Zona Musim (ZOM) di Indonesia, sesuai dengan prediksi sebelumnya pada Agustus 2021, sebanyak 14,6 persen akan mengawali musim hujan maju pada September 2021 ini, meliputi Sumatra bagian tengah dan sebagian Kalimantan.
 
Kemudian 39,1 persen wilayah pada Oktober 2021, meliputi Sumatra bagian selatan, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan Bali. Sementara itu, sebanyak 28,7 persen wilayah lainnya pada November 2021, meliputi sebagian Lampung, Jawa, Bali - Nusa Tenggara, dan Sulawesi

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif