PSBB Jabar Dihentikan, Seluruh Daerah Bersiap AKB

Medcom Nasional Kenormalan Baru
Medcom • 26 Juni 2020 18:11
Pemerintah Kota Bandung tengah bersiap untuk menetapkan adaptasi kebiasaan baru (AKB) di tengah pandemi COVID-19 . Hal itu seiring dengan berakhirnya Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) Proporsional yang usai hari ini, Jumat, 26 Juni 2020. 

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, mengatakan pihaknya telah melakukan evaluasi terhadap berbagai sektor yang dilakukan relaksasi selama masa PSBB Proporsional. Hal itu pun akan menjadi bahan pada rapat terbatas dengan Forum Kumonukasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Bandung hari ini.

Oded menuturkan sejumlah sektor yang dilakukan relaksasi salah satunya pusat perbelanjaan telah menerapkan standar protokol kesehatan dengan berjalan baik. Selain itu angka penyebaran korona di Kota Bandung pun diklaim terus mengalami penurunan saat ini yakni dengan jumlah 389 kasus dengan rincian 104 orang masih positif, 245 orang sembuh, dan 40 orang meninggal.

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengumumkan bahwa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tingkat provinsi tidak dilanjutkan. Artinya, 100 persen daerah di Jabar, kecuali Bodebek akan melaksanakan adaptasi kebiasaan baru (AKB).

PSBB proporsional tingkat provinsi Jawa Barat itu berakhir pada hari ini, Jumat (26/6/2020). PSBB yang terakhir dilakukan tersebut, merupakan persiapan menuju era AKB atau kenormalan baru. Sementara itu, untuk wilayah Bodebek yang meliputi Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, serta Kota dan Kabupaten Bekasi akan tetap mengikuti kebijakan PSBB transisi yang ditetapkan DKI Jakarta hingga 4 Juli mendatang. Daerah tersebut dikhususkan, karena menjadi penyangga langsung dari Jakarta yang menjadi episentrum COVID-19.

"Seluruh Jawa Barat hari ini tidak ada lagi PSBB, sudah diputuskan kita semuanya 100 persen melaksanakan AKB," ujar Kang Emil di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (26/6/2020). Antara Foto/MI

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif