Ridwan Kamil: Sudah 500 Orang Terdaftar Jadi Relawan Uji Klinis Vaksin COVID-19

Medcom Nasional Virus Korona
Medcom • 04 Agustus 2020 14:11
Sebanyak 500 orang sudah mendaftar menjadi relawan vaksin COVID-19. Termasuk, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Emil. RK meminta para pimpinan lembaga daerah juga mendaftar sebagai relawan.
 
"Hingga kini pendaftaran relawan vaksin sudah mencapai 500 orang dari total 1.600 orang yang dibutuhkan," kata Emil melalui konferensi pers di YouTube Humas Jabar, Senin (03/08/20).

Emil mengajak warga Jawa Barat menjadi relawan vaksin COVID-19. Warga yang mau menjadi relawan harus berusia 20 tahun hingga 59 tahun dan dalam kondisi sehat.

Uji klinis vaksin covid-19 dimulai pada Selasa, 11 Agustus 2020. Tim riset Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FK Unpad) tidak langsung menyuntikkan vaksin pada tubuh relawan.
 
Juru bicara tim uji klinis COVID-19 FK Unpad, Rodman Tarigan, mengatakan pihaknya akan memeriksa kesehatan para relawan pada hari pertama. Mulai pemeriksaan fisik, riwayat penyakit, hingga wawancara dengan dokter ahli.

Penyuntikan vaksin akan dilakukan tiga hari setelahnya atau 14 Agustus 2020. Setelah relawan dinyatakan bisa berpartisipasi, tim riset akan menyuntikkan vaksin SARS Cov-2 atau Plasebo berupa water for injection.
 
Dua minggu setelahnya, relawan akan kembali mendapatkan suntikan yang sama. Tim riset kemudian akan mengambil sampel darah para relawan. Uji klinis ini akan berjalan selama enam bulan. Jika berjalan lancar, vaksin Sinovac akan mendapat izin edar dan diproduksi massal pada 2021.
 
Sambil menunggu tahapan uji klinis, masyarakat diminta untuk terus mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun demi memutus rantai penularan COVID-19. Youtube: Humas Jabar/ Antara Foto/APTN

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif