Peningkatan Kasus COVID-19 Selama 3 Minggu Terakhir Perlu Perhatian Bersama

Medcom Nasional Virus Korona
Medcom • 30 Juli 2020 16:16
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, selama tiga minggu terakhir, jumlah orang yang diperiksa spesimennya dan berujung pada hasil positif, cenderung meningkat. Menurutnya, kondisi tersebut merupakan suatu hal yang kurang baik yang harus diperhatikan masyarakat Indonesia saat ini.

"Selama 3 minggu terakhir, jumlah orang yang diperiksa dan jumlah kasus positif  COVID-19 cenderung meningkat. Ini kabar kurang baik dan perlu jadi perhatian seluruh pihak yang ada di Indonesia ," kata Wiku dalam konferensi pers di BNPB, Kamis (30/7/2020). 

Ia mengatakan, apabila dibandingkan antara jumlah kasus positif dan jumlah orang yang diperiksa per hari, didapatkan positivity rate/tingkat positif sebanyak 13,3 persen per 29 Juli 2020. Jumlah 13,3 persen tersebut lebih tinggi dari standar WHO yaitu 5 persen.

Sebanyak 31,3 persen pasien COVID-19 di Indonesia berusia 31 hingga 45 tahun. Sementara, 78 persen pasien yang meninggal dunia berusia lebih dari 45 tahun.

Oleh karena itu, menghindari kontak antara yang berusia muda dengan usia rentan harus dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 . Apalagi saat ini memasuki momen Idul Adha yang dipastikan banyak masyarakat yang memilih pulang ke kampung halaman walau masih pandemi.

Dengan demikian, hal tersebut juga menjadi peringatan perlunya kewaspadaan semua pihak untuk bersama-sama menurunkan tingkat penularan di masyarakat. YouTube: BNPB Indonesia
 

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif