Kawanan Gajah Liar di Pekanbaru Mengamuk dan Rusak Rumah Penduduk

Medcom Nasional Gajah Sumatera Serangan Gajah Liar
Fitra Asrirama • 10 Februari 2022 12:09
Kawanan gajah liar keluar dari habitatnya Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim, Kabupaten Siak dan mendekati Kota Pekanbaru, Riau. Gajah liar mengamuk dan merusak 15 rumah warga di Kelurahan Palas,Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru. Sebagian bangunan yang terbuat dari papan rusak beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun warga masih takut jika gajah kembali mengamuk.

Penduduk setempat berusaha mengusir gajah dengan membuat bunyi-bunyian untuk menghalau gajah Sumatera agar kembali ke habitatnya. Sebelumnya kawanan gajah juga merusak rumah penduduk di Kabupaten Siak. Satu orang dilaporkan tewas diinjak gajah di lokasi.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau menurunkan tim untuk mengusir gajah menjauhi pemukiman penduduk. Menurut PLH Kepala BBKSDA Riau Hartono kawanan gajah yang mengamuk berasal dari kelompok petapahan yang diperkirakan berjumlah 11 ekor. Dalam sebulan terakhir, gajah semakin sering memasuki pemukiman penduduk mencari makan. Diduga habitatnya yang rusak akibat penebangan liar dan perluasan perkebunan kelapa sawit menjadi penyebabnya. Fitra Asrirama/Metro TV.

Hai, Sobat Medcom.id! Kalau kamu punya video peristiwa menarik bisa mengirimkannya ke redaksi@medcom.id.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif