Sebelum Masuk Kenormalan Baru, Jatim Diminta Lakukan Prakondisi

Medcom Nasional Virus Korona
MetroTV • 25 Juni 2020 15:44
Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta pemerintah provinsi Jawa Timur melakukan prakondisi apabila kasus virus korona COVID-19 di wilayah tersebut telah terkendali dalam dua minggu ke depan. Dia menekankan tahapan prakondisi ini perlu dilakukan sebelum daerah masuk ke fase new normal atau kenormalan baru.

"Apabila ini terkendali dan masuk ke new normal atau masuk ke normal, saya minta juga tahapan-tahapannya diprakondisikan terlebih dahulu. Ada prakondisi untuk menuju ke sana. Jangan tahu-tahu langsung dibuka tanpa sebuah prakondisi yang baik," ujar Jokowi kepada kepala daerah se-Jawa Timur di Gedung Grahadi Kota Surabaya, Kamis (25/6/2020).

Dia juga menginstruksi Pemprov Jatim mencari waktu yang tepat. Khofifah harus mencari kabupaten/kota yang siap menerapkan kenormalan baru.
 
"Kemudian, yang berkaitan prioritas sektor. Sektor mana dulu yang harus dibuka yang menjadi prioritas bukan langsung semuanya dibuka. Kita memang harus melalui tahapan-tahapan sehingga tadi saya sampaikan gas dan remnya ini harus pas betul," ujar dia.
 
Jokowi menyampaikan sektor dengan risiko penyebaran COVID-19 harus didahulukan. Ada sembilan sektor ekonomi dalam tahap prakondisi, yaitu logistik, pertambangan, perminyakan, industri, konstruksi, perkebunan, pertanian dan peternakan, perikanan, serta transportasi barang.

Courtesy: Metro TV

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif