Menlu Sebut Indonesia Gabung dalam COVAX AMC

Medcom Nasional vaksin covid-19
Medcom • 17 Oktober 2020 15:04
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan bahwa Indonesia menyampaikan secara langsung dan resmi surat yang berisi Expression of Interest dari Indonesia untuk bergabung dalam COVAX Advanced Market Commitment (AMC). Hal itu disampaikan delegasi Indonesia saat bertemu dengan GAVI sebagai tindak lanjut surat GAVI pada 18 September 2020.
 
Dalam pertemuan dengan GAVI, kata Retno, pihaknya menyampaikan bahwa Presiden Indonesia Joko Widodo telah menerima surat dari GAVI tersebut. Dalam surat GAVI tersebut, Indonesia layak menerima Official Development Assistance (ODA) di dalam COVAX Advanced Market Commitment (COVAX AMC) untuk penyediaan vaksin COVID-19 dalam kerangka multilateral.
 
Saat bertemu dengan WHO, Retno mengatakan bahwa Indonesia kembali menekankan dukungannya terhadap multilateralisme termasuk terkait masalah vaksin. Delegasi Indonesia juga memberikan update mengenai pengelolaan COVID-19 di Indonesia dan menjelaskan upaya Indonesia untuk mendapatkan vaksin bekerja sama dengan beberapa negara. Selain itu, mereka juga memberikan update mengenai upaya para ahli Indonesia mengembangkan vaksin nasional, Vaksin Merah Putih. MI/Antara/AFP.

(ARV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai video ini?

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif